Rabu, Oktober 18, 2017

Error ETAX-30009 Tidak Bisa Buat PDF Faktur - Solved

Permasalahan Error ETAX-30009 ketika membuat file pdf dari komputer client banyak dialami ketika efaktur diupdate menjadi versi 2.0 (karena memang ada arahan untuk update Efaktur ETaxInvoice ke versi 2.0). Padahal ketika dibuat di computer server, tidak ada masalah error tersebut. Termasuk di tempat saya bekerja juga mengalami hal yang sama pada computer client.

Setelah googling, ada beberapa solusi di beberapa tempat dan dianggap berhasil sesuai penjelasan masing-masing yang berbagi solusi.

Namun ketika dicoba beberapa alternative cara tersebut, masalah ETAX-30009 masih belum bisa diselesaikan.

Akhirnya, mencoba mencari cara sendiri karena masih ada celah variasi solusi yang bias diselesaikan. Kalau dilihat penjelasan dari berbagai sumber, intinya ada masalah SE (Sertifikat Elektronik) di client meskipun SE di server sudah diupdate dengan SE yang terbaru.

Cara yang menurut saya berhasil dilakukan di tempat kerja saya adalah menggabungkan beberapa saran cara yang sudah diposting di tempat lain.

Berikut langkahnya:
Langkah 1:

Rename folder database client yang ada sekarang (biasanya di C:\EFaktur_Windows_32bit\db\ETaxInvoice) menjadi ETaxInvoiceOld

Langkah 2:

Copy folder database (ETaxInvoice) yang ada di server ke lokasi database di client.
Jangan lupa copykan juga SE (Sertifikat Elektronik) terbaru yang digunakan server ke komputer client (saran lokasi di folder "C:\EFAktur_Windows_32bit\" saja).

Langkah 3:

Buka ETaxInvoice dengan mengakses database local/lokal, kemudian login dengan user dengan level Administrator. Tujuannya untuk menambahkan SE.

Langkah 4:

Tambahkan SE melalui menu Referensi - Administrasi Sertifikat. Lakukan seperti menambahkan SE di komputer server.

Langkah 5:

Coba buat pdf di menu yang biasanya digunakan. Kalau bisa, tutup ETaxInvoice kemudian jalankan lagi sebagai client dengan konek database ke server. Login menggunakan user client seperti biasanya. Kemudian dicoba lagi buat pdf. Kalau menurut pengalaman di tempat kerja saya, cara di atas sudah berhasil.

Semoga di tempat lain juga bisa diselesaikan dengan cara di atas.


 

Tidak ada komentar: