Senin, Januari 13, 2014

Masalah "Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent" di PHP - bagian 2

Pada tulisan sebelumnya:
"Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent"
Pesan error di atas muncul bukan karena salah ngetik script php. karena itulah hal ini membuat saya bingung sampai beberapa hari. Apalagi jika settingan web servernya tidak menampilkan pesan error, malah tambah bingung...! ...
============================

Setelah beberapa lama, ada lagi permasalahan yang sama yang dialami teman waktu belajar php. Katanya sudah mencoba solusi yang saya tawarkan...tapi tetep aja muncul masalahnya. (sambil garuk-garuk kepala yang sebenarnya gak gatal)

Untuk membantu teman tersebut, akhirnya saya coba cari-cari lagi di google. Eh...ternyata pada halaman hasil pencarian di google...di baris kedua ada hasil pencarian yang depannya ada tulisan [RESOLVED]...dst. (aha...ini mungkin jawabannya..)

Akhirnya saya buka link tersebut (http://board.phpbuilder.com/showthread.php?10310794-RESOLVED-Warning-session_start()-Cannot-send-session-cookie-headers-already-sent) yang juga merupakan forum yang ternyata juga ada bahasan masalah yang sedang kami (saya dan teman saya) alami.

Dibaca-baca...ternyata masalahnya juga bukan karena salah script tapi adalah program editor yang digunakan. Kaitannya dengan jenis atau metode penyimpanan program editor tersebut. Sehingga disitu disarankan agar isi script yang ada dicopy lagi dan buat file baru dengan notepad (editor paling sederhana) kemudian disimpan menjadi file php dengan ENCODINGnya menggunakan ASCII atau UTF-8 without the BOM (byte order mark). Akhirnya saya coba saja...copy script ke file notepad baru dan menyimpannya "Save as Type"nya "All Files" dengan "ENCODING"nya "ANSI".

Dicoba deh...ternyata bisa...! akhirnya masalahnya sudah ketemu. Akhirnya teman saya harus melakukan langkah di atas tersebut pada setiap file php yang muncul masalah serupa.


1 komentar:

xxx mengatakan...

terimakasih, mantap sekali bro,,,